Kamis, 17 Februari 2011

Apa itu CPU ?

Apa itu CPU?

CPU kepanjangannya adalah Central Processing Unit. CPU bertanggung jawab untuk melakukan semua dari perhitungan matematika yang diperlukan oleh komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Dikarenakan komputer tidak dapat berfungsi tanpa CPU (yang mungkin juga disebut sebagaicentral processor atau hanya prosesor saja), tidak jarang terdengar orang merujuk ke CPU sebagai "otak" dari sebuah komputer.

Bagaimana CPU bekerja?

Agar dapat melakukan pekerjaannya dengan benar, CPU harus melengkapi siklus empat langkah. Langkah pertama dalam siklus ini adalah mendapatkan sebuah instruksi dari memori program perangkat lunak. Setelah CPU mengambil instruksi, langkah yang kedua adalah menerjemahkan instruksi. Dengan penerjemahan instruksi, CPU dapat mengatur informasi dari instruksi dengan cara yang memungkinkan CPU untuk menyelesaikan langkah berikutnya, dimana sedang dieksekusi.

Selama dalam langkah-langkah pengeksekusian, CPU melengkapi instruksi. Hal ini dapat tercapai dengan mengikuti informasi yang diperoleh selama terjadinya langkah-langkah penerjemahan. Setelah CPU selesai menjalankan instruksi, langkah terakhir dalam siklus ini adalah untuk menulis-kembali hasil yang terjadi selama dalam tahapan-tahapan pengeksekusian. CPU dapat menulis kembali hasilnya ke register internalnya, atau ke memori utama dari komputer.

Perusahaan apa yang membuat CPU?

Walaupun terdapat banyak perusahaan yang membuat CPU untuk berbagai tujuan, terdapat dua perusahaan yang paling dikenal oleh konsumen komputer adalah AMD dan Intel. Produk-produk AMD saat ini meliputi prosesor Athlon, Phenom, Sempron dan Turion, sedangkan Intel saat ini menghasilkan produk-produk prosesor yang meliputi Celeron, Pentium, Core 2, Centrino dan Centrino 2.


GAMBAR CPU :
                   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar